Waspada Gerakan “Bawah Tanah” Timses Paslon

Waspada Gerakan “Bawah Tanah” Timses Paslon

Kabupaten Bandung,

Perhelatan pemilihan kepala daerah sudah mulai menggeliat dibeberapa daerah yang ada di Indonesia. Bahkan, berbagai cara dilakukan oleh para tim sukses yang memang sudah dibentuk oleh para pasangan calon.

Pemberitaan berbagai kegiatan para pasangan calon sudah mulai marak, namun ada hal yang harus diwaspadai yaitu gerakan “bawah tanah” tim sukses yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan kemenangan.

Analis Politik dari universitas UNIS, Dosen Fisip dan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul saat dihubungi suarabandungnews.com mengatakan bahwa gerakan-gerakannya memang tidak terlihat.

“Biasanya itu disebut gerakan under ground atau gerakan bawah tanah. Kebanyakan mereka melakukan untuk memenangkan para pasangan calon yang didukung, dengan janji-janji pemberian kedudukan atau jabatan jika menang nanti,” jelasnya.

Biasanya, berbagai cara dilakukan, mulai koordinir money politik sampai dengan janji-janji kepada warga yang memilihnya.

“Ini sudah bukan rahasia umum lagi, dan ketika ada ajang pemilihan kepala daerah, pilgub bahkan pilpres banyak para tim sukses yang melakukan gerakan yang biasa disebut gerakan bawah tanah. Ketika pasangan yang diusungnya menang maka mereka mendapatkan jabatan yang strategis baik di pemerintahan ataupun disebuah kantor swasta. Dan inilah yang disebut dengan perebutan kekuasaan yang sebenarnya memang ada dalam sebuah kompetisi,” pungkasnya.  (Tm/Sly)

%d bloggers like this: