Soal Oknum Wartawan Yang Suka Ancam Kades, Ketua APDESI: Kalau Benar Ga Usah Takut

Soal Oknum Wartawan Yang Suka Ancam Kades, Ketua APDESI: Kalau Benar Ga Usah Takut

Kabupaten Bandung,

Terkait adanya oknum wartawan yang suka melakukan ancaman terhadap Kepala Desa, hal ini jelas meresahkan dan merugikan wartawan yang memang bekerja mencari informasi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) 1 Jawa Barat Deddy M Bram mengatakan bahwa sangat disayangkan jika ada oknum wartawan seperti itu.

Deddy M Bram juga meminta agar para Kepala Desa untuk tidak takut kepada wartawan.

“Wartawan itu juga rekan kita, tetapi untuk Kepala desa tidak usah takut kalau diancam-ancam selama itu benar. Karena oknum tersebut akan terus melakukan ancaman jika kita terlihat takut,” katanya.

Selain itu, Deddy M Bram juga menegaskan bahwa memang ada oknum wartawan seperti itu.

“Memang di lapangan ada wartawan seperti itu, malah mereka berani mengatasnamakan instansi/lembaga kepolisian untuk menakut-nakuti Kepala Desa,” tegasnya.

Kemudian Deddy M Bram juga kembali menegaskan kepada Kepala Desa agar tetap menjaga kredibilitas dan kinerjanya. Jangan sampai hanya karena ancaman dari oknum wartawan menggangu kinerja.

“Kami tetap menganggap bahwa media adalah rekan kami, jangan menjadikan sebuah kesalahan adalah celah untuk melakukan ancaman. Seharusnya itu bisa kami jadikan evaluasi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan ada beberapa Kepala Desa yang mengadu kepada dirinya mengenai ancaman yang di terima dari oknum wartawan.

Alhasil, para Kepala Desa yang baru saja dilantik pada tanggal 29 Oktober 2021 ini merasa sangat tidak nyaman dan kinerjanya terganggu.

“Dengan adanya kejadian ini, para Kepala Desa menjadi ketakutan. Hal ini disebabkan masih adanya ancaman yang dari oknum wartawan,” katanya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Bandung H Rahmat Sudarmadji sangat menyayangkan hal tersebut.

“Saya sangat menyayangkan tindakan oknum wartawan tersebut. Walaupun tidak dipungkiri bahwa intimidasi dan ancaman kerap dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan wartawan dan merugikan wartawan yang mencari berita di lapangan,” katanya.

Ketika ditanya jika ada anggota PWI yang terbukti melakukan ancaman terhadap narasumber, Rahmat menjawab dengan tegas bahwa pemecatan akan dilakukan.

“Jika ada anggota PWI yang terbukti melakukan ancaman atau intimidasi terhadap narasumber untuk kepentingan pribadi, maka kami organisasi PWI akan memberikan tindakan tegas yaitu pemecatan terhadap anggota tersebut,” tegasnya. (Tm/Sly)

%d bloggers like this: