Kartu Tani Sibedas Dapat Meringankan Beban Petani di Kabupaten Bandung

Kartu Tani Sibedas Dapat Meringankan Beban Petani di Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung

Program kartu tani Sibedas, salah satunya merealisasikan pengadaan pupuk ini disambut antusias oleh para kelompok tani selaku penerima manfaat bantuan di Kabupaten Bandung.

Melalui program unggulan Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna ini, diharapkan pengadaan pupuk dapat menyuburkan lahan pertanian, sehingga produksi pertanian pun meningkat. Jika produksi meningkat, maka secara otomatis dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan para petani.

Selain itu diharapkan dapat meningkatkan daya saing bagi para petani di Kabupaten Bandung, khususnya dalam pemasaran produksi pertanian. Dengan harapan dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bandung, khususnya dalam bidang daya beli atau keberlangsungan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggulirkan program kartu tani Sibedas ini merupakan bagian dari pemberdayaan para petani. Dengan harapan para petani pun melakukan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan usaha bertaninya.

Untuk diketahui bahwa, kartu tani Sibedas ini tidak hanya untuk mendapatkan akses bantuan pupuk bersubsidi dari Pemkab Bandung. Tentunya para petani bisa mendapatkan akses bantuan bibit unggul bersertifikat. Selain itu akses mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah daerah, asuransi keselamatan kerja petani, pembelian hasil pertanian, pelatihan dan pengembangan usaha tani, serta akses terhadap beasiswa bagi keluarga petani.

Program ini pula dinilai mampu memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani, seperti akses terhadap sarana dan prasarana pertanian, permodalan, dan pemasaran hasil pertanian.

Sebut saja Aceng Anwar, Kelompok Tani Girilaya asal Kampung Ciheulang Tinggi RT 03/RW 17 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang sudah memberikan bantuan melalui kartu tani Sibedas.

“Saya sudah menerima bantuan dari Pak Bupati Bandung dalam bentuk pupuk. Semoga para petani di Kabupaten Bandung semakin Bedas,” kata Aceng Anwar di Kecamatan Ciparay, baru-baru ini.

Sama halnya yang dikatakan Siti Jubaedah, anggota kelompok tani Girilaya di Kampung Ciheulang Tonggoh RT 03/RW 17 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay.

“Ngahaturkeun nuhun ka Bapak Bupati Bandung, abdi atos nampi kartu tani Sibedas. Mudah-mudahan kapayunna, para petani semakin maju dan semakin Bedas,” tutur Siti.

Ucapan terima kasih disampaikan pula oleh Dede Saripin, Ketua Kelompok Tani Cipas RT 03/RW 06 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay. Ia mengaku sudah menerima kartu tani Sibedas untuk pengadaan pupuk lahan pertanian.
“Kami berharap bantuan kartu tani Sibedas ini berkelanjutan dan bantuan pupuk yang sudah diterima para petani dapat memberikan manfaat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi kepada kelompok tani yang telah menerima bantuan dari program kartu tani Sibedas.

“Alhamdulillah di Desa Ciheulang ini, hampir rata-rata menerima kartu tani Sibedas, dan tentunya sangat bermanfaat sekali terutama bagi para kelompok tani, baik untuk pemupukan tanaman pertanian padi maupun di lahan darat berupa tanaman sayur-mayur atau palawija,” tutur Rubby Nur Habibi.

Rubby mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna yang sudah merealisasikan dan memberikan bantuan kartu tani Sibedas kepada para petani yang ada di Desa Ciheulang.

“Bantuan dari program kartu tani Sibedas ini sangat bermanfaat bagi para petani,” katanya.

Sejumlah pihak berharap program kartu tani Sibedas ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para petani di Kabupaten Bandung. Akhir kata, para petani berharap bantuan kartu tani Sibedas berkelanjutan untuk kesejahteraan para petani. (Humas/TM)

%d bloggers like this: