“Indonesia Mendengar” Program Kemensos Wujudkan Hak Penyandang Disabilitas

“Indonesia Mendengar” Program Kemensos Wujudkan Hak Penyandang Disabilitas

Kabupaten Bandung,

Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily teragendakan mengunjungi wilayah Kabupaten Bandung. Kunjungan dilakukan untuk meresmikan program “Indonesia Mendengar” sekaligus menyalurkan bantuan sosial PKH, BPNT, dan ATENSI kepada penerima maanfaat (PM) di Kecamatan Balendah, Kabupaten Bandung Jawa barat.

Risma mengatakan, Indonesia Mendengar merupakan bagian dari Program Indonesia Bicara, Indonesia Melihat dan Indonesia Melangkah yang ditujukan khususnya bagi penyandang disabilitas.

“Melalui program ini Kementerian Sosial terus berupaya mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas, antara lain dengan menggerakan masyarakat luas agar memberikan akses yang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas mendapatkan informasi dengan mudah, juga kemudahan berinteraksi dengan masyarakat luas serta melakukan mobilitas dalam aktivitas sehari-hari,” tuturnya.

Di katakan Risma, Peresmian program “Indonesia Mendengar” yang dihadiri langsung oleh Risma dan Ace di gor basket kec. Balendah, kab. Bandung juga dilaksanakan serentak di 28 wilayah lainnya dengan 13 wilayah diagendakan dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR RI.

Kementerian Sosial melalui balai besar, balai dan loka menyiapkan bantuan aksesibilitas sebanyak 282 khusus untuk penyandang disabilitas tuna rungu wicara yang terdiri dari alat bantu dengar, hp bicara/ponsel pintar dengan aplikasi transkrip instan, tablet dan laptop bicara dengan aplikasi jaws, serta pluit. Selain itu ada juga bantuan aksesibilitas lainnya sebanyak 456. Total bantuan aksesibilitas bagi 718 penerima manfaat.

“Pada kesempatan ini saya juga menyerahkan bantuan sebesar Rp257.512.973 bagi penyandang disabilitas di kab. Bandung Barat dan Rp245.512.200 bagi penyandang disabilitas di kab. Bandung. Sehingga total bantuan yang diserahkan pada kegiatan hari ini sebesar Rp503.025.173 yang diberikan melalui Balai Abiyoso Cimahi dan Balai Wiyata Guna Bandung,” tandasnya. (Tm/Sly)

%d bloggers like this: