Banyak Kalangan Guru Melanggar Netralitas Pilkada, Kadisdik: Terus Tingkatkan Sosialisasi

Banyak Kalangan Guru Langgar Netralitas Pilkada, Kadisdik: Terus Tingkatkan Sosialisasi

Kabupaten Bandung,

Terkait data yang ada di Bawaslu Kabupaten Bandung mengenai pelanggaran netralitas ASN dan ternyata kebanyakan dari kalangan guru atau pengajar, Dinas pendidikan Kbupaten Bandung mengakui dan akan melakukan sosialisasi lebih sering lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Drs. Djuhana, MMPd mengatakan sosialisasi sudah sering dilakukan. Selain dengan KPU dan Bawaslu secara virtual, juga sosialisasi mandiri oleh dinas.

“Sosialisasi yang kami lakukan adalah mengenai 16 jenis pelanggaran dalam pilkada. Sosialisasi ini melibatkn seluruh kepala sekolah dan juga guru-guru yang ada di kabupaten Bandung,” kata Djuhana.

Selain itu, Djuhana juga menjelaskan bahwa tidak semua guru adalah ASN dan juga PNS. “Guru yang melanggar belum tentu melanggar, perlun diketahui non PNS 14.500 guru dan TU non PNS, sedangkan guru PNS sekitar 10 ribu,” jelasnya.

Untuk diketahui, sedikitnya 60 persen ASN dari kalangan pengajar atau guru banyak ditemukan melakukan pelanggaran kode etik netralitas dalm pilkada Kabupaten Bandung. Kebanyakan mereka berinteraksi di media sosial dengan malakukan like. Hal tersebut dikatakan Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bandung Komarudin kepada suarabandungnews.com. (Tm/Sly)

%d bloggers like this: