Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Digelar Polsek Ciparay, Akses Jalan Terjal Ditempuh Menuju Lokasi

Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Digelar Polsek Ciparay, Akses Jalan Terjal Ditempuh Menuju Lokasi

Kabupaten Bandung,

Dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polsek Ciparay Polresta Bandung menggelar bakti sosial dan bakti kesehatan. Selasa, 24 Juni 2024.

Bakti sosial dan bakti kesehatan tersebut, Polsek Ciparay menyasar warga masyarakat yang tinggal di kawasan terpencil dan jauh dari perkotaan. Yakni di Kampung Genteng, Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Dengan menempuh jarak 10 kilometer dan melewati akses jalan yang mendaki dan berbatuan, tak menyurutkan petugas kepolisian untuk tetap mendistribusikan puluhan paket sembako untuk warga yang dituju.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua, sesampainya dilokasi, petugas kepolisian bersama kader kesehatan harus berjalan kaki untuk menjangkau pemukiman warga yang hanya berjumlah 22 kartu keluarga.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Ciparay Iptu Ilmansyah mengatakan, dipilihnya lokasi tersebut dikarenakan warga tersebut jarang sekali tersentuh bantuan dan pemeriksaan kesehatan.

“Kita lihat bersama, jalur menuju kepemukiman warga disini jauh sekali dari perkotaan,” katanya.

“Warga disini juga jauh mau kemana-mana, apalagi untuk memeriksa kesehatan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan warga yang keseharian sebagai petani ini, saat dilakukan pemeriksaan kesehatan banyak sekali yang hasil tensinya tinggi.

“Tadi ada yang tensinya 211, 187, meski biasa saja bagi mereka, tapi ini kan bahaya sekali,” jelasnya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kesehatan dari Puskesmas, untuk menyarankan warga setempat untuk rutin memeriksakan diri,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dusun 1 Cicalengka yang mewilayahi 5 RW di Desa Bumiwangi, Ari Gunawan. Ia menjelaskan tidak adanya keinginan warga untuk memeriksakan kesehatannya, karena akses jalan yang sangat jauh.

“Memang kenyataannya jauh sekali untuk ke puskesmas, selain itu akses jalannya yang terjal dan rusak,” katanya.

“Alhamdulilah, dengan adanya kegiatan dari Polsek Ciparay ini sangat terasa sekali bagi warga disini,” ujarnya.

Ia pun berharap kegiatan ini rutin dilakukan, baik dari pihak kepolisian maupun pihak pemerintahan. Agar warga tersebut dapat merasakan kemudahan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. (Humas)

%d bloggers like this: